Teruskan Perjuangan

https://www.pexels.com/photo/golden-cup-and-basket-with-books-6332/

Penulis: Nur Fadilah, S.Pd

Pendidikan Kimia UNJ (2012-2016)
Alumnus Pesantren Kosan angk.I (2014)

 

Apa yang menghalangimu dari menghafal alquran? Hilangkanlah semua alasan yang engkau ciptakan sendiri!

#Mulailah menghafal dan teruslah menghafal karena waktu bersama alquran semuanya adalah kebaikan#

Apa yang menahanmu dari hafal juz 30, padahal engkau telah hafal surat-surat pendek? Bersabarlah sedikit lagi. Buatlah target yang tidak melemahkan sebelum memulai.

#Barang siapa yang tidak menentukan targetnya, maka dia tidak akan sampai pada akhir tujuannya. Barang siapa yang tujuannya tidak ikhlas karena Allah Ta’ala saja, maka dia tidak akan mendapatkan pertolongan dan dorongan terhadap suatu urusan, juga tidak akan ada yang membuatnya sabar terhadap urusan tersebut# (1)

Apa yang mencegahmu dari hafal 30 juz, padahal engkau sudah hafal 1 juz, 5 juz, 10 juz dan seterusnya. Bersabarlah sedikit lagi. Bersabarlah dengan kesabaran yang baik. Bersabarlah dan kuatkan kesabaranmu.

#Barang siapa yang berusaha bersabar, maka Allah Ta’ala akan memberi kesabaran baginya, dan tidaklah seseorang diberi pemberian yang lebih baik dan lebih luas dari kesabaran# (2)

Menghafal alquran itu berarti:

1. Meneladani tokoh panutan utama, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam
Sesungguhnya beliau shalallahu alahi wasalam telah menghafal dan mengulang-ulangnya bersama malaikat Jibril alahissalam dan sebagian sahabatnya radhiallahu anhum

2. Meneladani generasi terbaik (Shalafus Shaleh)
Ibnu Abdil Barr mengatakan, “Menuntut ilmu itu ada derajat dan urutannya yang tidak boleh dilewati. Barang siapa yang melewatkannya, berarti dia telah melanggar jalannya para salaf rahimahullah. Adapun ilmu yang pertama adalah menghafal alquran dan memahaminya.”

3. Membangun proyek yang tidak mengenal kata rugi, karena setiap hurufnya diganjar dengan sepuluh kebaikan.

Diantara keutamaan menjadi hafidz alquran:

Menjadi keluarga Allah Ta’ala, lebih berhak menjadi imam, jenazahnya lebih didahulukan penguburannya, mendapat syafaat dari alquran atas izin Allah Ta’ala, Allah tidak akan mengazab hati dari orang yang hafal alquran, meninggikan derajat dalam surga, bersama malaikat, menjadi orang yang paling banyak membaca alquran, dapat membaca alquran di setiap kondisinya, serta lebih mudah dalam berdakwah. (3)

” Apakah setelah mengetahui semua nilai berharga ini, kita mencukupkan diri dengan hafalan alquran yang telah kita miliki sekarang saja? ”
Syaikh Muhammad Shaleh Al-Munajjid

Semoga Allah memberikan kepada kita taufik untuk menghafal alquran, memahaminya serta mengamalkannya.

————————————————————————————–

(1) HR. Bukhari Muslim
(2) Revolusi Menghafal Al-Qur’an, 43
(3) Menjadi Hafidz, 17-23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *