Tentang Program HSI Abdullah Roy

 

Kami ingin sedikit berbagi tentang Program Belajar Online Halaqah Silsilah ‘Ilmiyyah (HSI) Abdullah Roy.

Ini program yang bagus dan bermanfaat sekali, الحمد للّٰه.

Meskipun menuntut ilmu agama utamanya adalah duduk di majelis-majelis ilmu secara langsung, namun ini cara yang efektif sekali untuk menjangkau orang-orang yang berhalangan untuk hadir di majelis ilmu secara rutin seperti orang-orang yang baru belajar dan masih belum kenal majelis ilmu atau para akhawat dan ummahat yang barangkali tidak bisa sering-sering keluar rumah.

Program ini disusun secara sistematis dengan peraturan yang serius agar para peserta disiplin mengikuti program yang—jika terus berlanjut—akan berlangsung selama beberapa tahun hingga akhir silsilah.

Seperti yang terlihat pada poster, dalam silabus program ini, ada beberapa silsilah yang dimulai dari pelajaran aqidah paling dasar dan terus dilanjutkan ke pelajaran-pelajaran lainnya.

Untuk mempermudah gambaran tentang program ini, maka selanjutnya akan kami tuangkan dalam poin-poin.

  1. Pengajarnya yaitu Ustadz Dr. Abdullah Roy, Lc., M.A. حفظه اللّٰه تعالى.
  2. Program ini gratis 100%.
  3. Pembelajaran dilakukan via WhatsApp (untuk materi dan pengumuman) dan website HSI Abdullah Roy (untuk pengerjaan evaluasi, ujian dll).
  4. Setiap peserta akan diberikan akun untuk mengakses website HSI.
  5. Kelas (grup WA) ikhwan dan akhawat dipisah.
  6. Materi halaqah dikirimkan ke grup materi setiap paginya pada hari Senin-Jum’at berupa rekaman suara berdurasi 2 sampai 10 menit.
  7. Sore harinya (Senin-Jum’at), evaluasi harian diaktifkan dan akan dinonaktifkan keesokan harinya. Peserta diberi kebebasan untuk mengerjakan soal kapan pun di rentang waktu tersebut. Soalnya sebanyak 1 buah sesuai materi halaqah pada hari tersebut berupa pilihan ganda. Selain untuk nilai, evaluasi harian ini juga sekaligus dianggap sebagai tanda kehadiran peserta. Untuk jawaban yang benar diberi nilai 2 dan yang salah diberi nilai 1.
  8. Di setiap akhir pekan (Sabtu sore), evaluasi pekanan diaktifkan dan akan dinonaktifkan pada hari Senin. Soal sebanyak 5 buah berupa pilihan ganda. Untuk evaluasi pekanan ini, jawaban benar diberi nilai 2 dan jawaban salah diberi nilai 0.
  9. Setiap selesai 25 halaqah (5 pekan), akan diadakan ujian akhir di akhir pekan ke-6, diaktifkan pada hari Sabtu dan dinonaktifkan pada hari Senin. Soal sebanyak 25 buah berupa pilihan ganda. Jawaban benar diberi nilai 2 dan jawaban salah diberi nilai 1.
  10. Setiap kali evaluasi harian, evaluasi pekanan atau ujian akhir dinonaktifkan (yakni waktu pengerjaan berakhir), biasanya peserta bisa langsung bisa melihat nilai, predikat dan peringkat yang diperolehnya.
  11. Setelah ujian akhir selesai, pembelajaran akan diliburkan hingga waktu yang ditentukan.
  12. Peserta akan diberikan syahadah dan transkrip nilai (berupa gambar digital) dari program HSI Abdullah Roy setiap selesai ujian akhir.
  13. Peserta yang mendapatkan nilai RASIB (kurang dari 50), akan di-drop-out dari program.
  14. Peserta yang tidak mengerjakan SAMA SEKALI 5 evaluasi harian pertama juga akan di-drop-out (seingat kami, untuk angkatan kami, ini baru berlaku pada 25 halaqah yang kedua atau ketiga).

Inilah yang bisa kami informasikan tentang program yang sangat bagus ini berdasarkan pengalaman kami. Semoga dapat memberi gambaran yang lebih jelas dan semoga bermanfaat.

Jika ada yang kurang, akan kami update lagi, إن شاء اللّٰه تعالى.

Jangan lupa BESOK, إن شاء اللّٰه, akan dibuka pendaftaran peserta baru angkatan 182 (artinya tahun 2018 periode 2).

Program ini pendaftarnya sangat membludak—setidaknya sejak pendaftaran angkatan kami. Dalam waktu yang sangat singkat (biasanya kurang dari 24 jam), kuota sudah terpenuhi untuk ikhwan dan akhawat. Jadi, jangan sampai kelewatan ya.

Berikut kami lampirkan broadcastnya.


📜 *SEGERA DIBUKA…!*

📮 _AlhamduliLLah, waktu yang ditunggu itu segera tiba…_

🔖 Penerimaan Santri Baru Kajian Online HSI AbdullahRoy berbasis Website untuk angkatan 182.

🔹 Antum ingin mengenal Agama Islam..? Mengenal ALLAH dan RasuluLLah..??
🔹 Kepengen tahu apa saja dosa kecil, dosa besar sampai dosa syirik serta bahaya-bahayanya..??

📚 Yuks… Belajar Islam dari Dasar bareng Kajian Online HSI AbdullahRoy

🎙 Diasuh langsung oleh Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A. hafidzahullahu ta’ala _(beliau adalah Pemateri Tetap Kajian Berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi, Madinah, periode 1434-1438H)_, in syaa ALLAH akan banyak faedah ilmu yang bisa antum dapatkan.

🗂 Plus metode belajar yang menarik dan in syaa ALLAH gak bakal ngebosenin dengan website HSI AbdullahRoy.
📱 Pembelajaran menggunakan media WhatsApp.

🖇 _*Gak Percaya…??*_

📌 *Daftar dan buktikan sendiri…*

🗓 *CATAT TANGGALnya*

📃 Pendaftaran akan dibuka in syaa ALLAH pada _*23 Syawwal 1439H (7 Juli 2018), pkl 09.00 WIB hingga 25 Syawwal 1439H (9Juli 2018), pkl 12.00 WIB.*_ dan akan *ditutup sewaktu-waktu* jika quota peserta telah terpenuhi.

🌐 Tetap simak update informasinya di Medsos HSI AbdullahRoy berikut:

FB: fb.com/hsi.abdullahroy
Instagram: @hsi.abdullahroy
Twitter: @hsiabdullahroy

📲 *DONT MISS IT…!* _Siapkan smartphone antum mulai sekarang…_

————————-

📽 Pengin ngerti video kajian ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A. _hafidzahullahu_…?
🖥 Klik di Channel YouTube HSI AbdullahRoy di https://www.youtube.com/c/hsiabdullahroy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *