Alhamdulilah telah dilaksanakan Kajian Mahasiswa bersama Ustadz Komarudin Ketua Departement Teknik Industri UI dan Ustadz Khairul Umam Ketua Yayasan Kampung Bahasa Arab, yang berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 18 Februari 2023.

Di antara nasihat-nasihat Asatidz yang telah disampaikan, kami rangkum sebagai berikut.

Nasihat dalam menuntut ilmu:

  1. Tidak membuang-buang waktu dengan hal yang kurang penting. Sebagaimana hadits nabi shallallahu alayhi wa sallam: di antara tanda baiknya islam seseorang, ia meninggalkan hal yang tidak bermanfaat baginya
  2. Membersamai teman-teman yang shalih, yang selalu mengajak kita pada ketaatan termasuk membersamai guru atau ustadz.
  3. Cari waktu yang pas untuk belajar agama. Hal ini berbeda bagi masing-masing individu, namun biasanya ba’da shubuh salah satu waktu yang tepat.
  4. Belajar secara bertahap, tidak langsung melahap seluruh ilmu namun bertahap mulai dari yang paling mendasar. Bisa mulai dari bahasa arab karena itu pintu untuk mempelajari agama islam.
  5. Menimbang-nimbang mana hal yang penting bagi kita, yaitu mulai dari sendiri dan keluarga. Cek mana yang lebih banyak manfaat dan kecil mafsadat nya sebagaimana manzhumah qawaidul fiqhiyah, Syaikh As-Sa’di.
  6. Tidak bergadang, kecuali memang pada hal yang wajib atau sunnah seperti bercengkrama bersama keluarga, belajar agama, atau menunaikan menunaikan kewajiban kampus.
  7. Tidak tidur setelah shalat shubuh, karena di sana ada keberkahan.
  8. Tidak terburu-buru dalam mengambil ilmu, yang penting mulai rutinkan dalam belajar sebagaimana hadits Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam, amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang paling kontinu walaupun sedikit. Mulai dari yang mudah dan sedikit lalu tambah secara bertahap.
  9. Menyadari bahwa dalam belajar ada masa semangat dan masa surutnya, dalam masa surut mesti berusaha untuk tetap dalam ketaatan, bisa mencoba variasi ilmu yang lain seperti mengikuti kajian tematik atau mengganti dengan amal shalih lain

6 Hal yang menjadikan seorang berhasil dalam belajar menurut Imam Asy-Syafi’i -rahimahullahu ta’ala-

  1. Kecerdasan
  2. Semangat
  3. Kesungguhan
  4. Modal
  5. Belajar dengan guru
  6. Waktu yang panjang untuk belajar

Semoga catatan singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua, dan menjadi pahala jariyyah bagi Asatidz. Waffaqanallahu waiyyakum. Semoga Allah beri taufiq pada semuanya.

==========================
Situs Web : www.pesan.bisa.id
Instagram : @pesan_bisa
Email : pesantrenkosan@bisa.id
YouTube : Pesantren Kosan BISA

Pesantren Kosan BISA
Intelek, Moderat, Kaffah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *