Penulis : Ustadz Abid Faturrahman
Iqlab terjadi ketika Nun sukun/ Tanwin bertemu huruf Ba (ب) , dalilnya sbgmn perkataan Imam Sulaiman Al-Jamzuri Rahimahullah (w. 1200an H) dlm Manzhumah Tuhfatul Athfal :
والثالث الإقلاب عند الباء * ميما بغنة مع الإخفاء
Dan juga perkaraan Imam Ibnul Jazari Rahimahullah dlm Muqaddimah Al-Jazariyyah :
والقلب عند الباء بغنة كذا * الإخفاء لدى باقي الحروف أخذا
Adapun Ikhfa Syafawi terjadi ketika huruf Mim Sukun (م) bertemu huruf Ba (ب), sbgmn perkataan Imam Sulaiman Al-Jamzuri Rahimahullah dlm Manzhumah Tuhfatul Athfal :
فالأول الإخفاء عند الباء * وسمه الشفوي للقراء
Begitupula Imam Ibnul Jazari Rahimahullah (w. 833 H) dlm Muqaddimah Al-Jazariyyah :
الميم إن تسكن بغنة لدى * باء على المختار من أهل الأداء
Cara membaca Iqlab dan Ikhfa Syafawi yg disepakati Qurra akan kebolehannya adalah :
-Tarkul Furjah : Meninggalkan sedikit celah diantara dua bibir ketika mengucapkan Iqlab dan Ikhfa Syafawi
– Inthibaq/Ithbaq : Merapatkan kedua bibir tanpa Kazz (tekanan) ketika mengucapkan Iqlab dan Ikhfa Syafawi
Adapun cara yg dilarang adalah :
– Membuat celah yg lebih lebar daripada Tarkul Furjah, sehingga menimbulkan suara yg lebih samar dan memunculkan huruf baru seperti Waw (و).
Perbedaan cara ini tidak mempengaruhi keabsahan bacaan Al-Qur’an seseorang, dan jg bukan perbedaan Riwayat dari para Imam Qiraat. Kedua cara ini adalah Khilaf yg Muktabar, sehingga boleh memilih salah satunya atau menggabungkannya tanpa harus saling menyalahkan.
Sumber :
– Manzhumah Tuhfatul Athfal Imam Sulaiman Al-Jamzuri
– Muqaddimah Fima Yajibu Ala Qari’ihi an Ya’lamahu Imam Ibnul Jazari
– Ghayatul Murid Fi Ilmit Tajwid Syekh Athiyyah Nashr