[Tadabbur Al-Qur’an]-Apa itu Tadabbur?

Penulis: Aldi Al-Faridzi

Teknik Metalurgi Material UI

Alumni PESAN 4

-Tadabbur Harian 10.0-

Maka apakah mereka tidak mentadabburi Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (Q.S. An Nisa : 82)

Salah satu cara Allah Ta’ala menyampaikan sebuah hal yang wajib untuk dilakukan adalah dengan memberi pertanyaan berisi pengingkaran. Simplenya, kalo kita ditanya guru kita, “kenapa kalian gak ngerjain PR?” Berarti PR itu diperintahkan untuk dikerjakan. Sama seperti ayat di atas, Allah Ta’ala bertanya “Apakah mereka tidak mentadabburi Al Qur’an?” berarti Al Qur’an harus banget ditadabburi.

• Lalu, apa itu Tadabbur?

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah mendefinisikan tadabbur sebagai berikut.

التأمل في الألفاظ للوصول إلى معانيها

“Merenungkan lafal-lafal untuk sampai kepada kandungan-kandungan maknanya”

Dengan demikian, orang yang bertadabbur adalah orang yang memperhatikan suatu perkara secara berulang-ulang atau dari berbagai sisi.

Terdapat dua ayat yang secara tersurat mengajak kita untuk mentadabburi Al Qur’an. Ayat tersebut adalah ayat ini dan Q.S. Muhammad : 24. Uniknya, dua ayat ini diturunkan terkait dengan kaum munafik.

• Pelajaran dari ayat ini

Ustadz kami, ustadz Nur Fajri Romadhon menjelaskan tentang kandungan ayat ini. Diantaranya adalah :

1. Tadabbur Al-Qur’an akan menambah keimanan

Orang yang mentadabburi Al-Qur’an apabila bertemu dengan peristiwa dalam hidupnya mereka langsung teringat dengan ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengannya. Salah satu yang bisa menguatkan tadabbur Al-Qur’an adalah menghafal Al-Qur’an. Karena dengan menyimpannya di memori kita, respon kita akan lebih cepat ketika bertemu dengan ayat yang berhubungan dengan sebuah kejadian dalam kehidupan kita.

2. Memahami kaitan antar ayat Al-Qur’an

Kalo kita mentadabburi Al-Qur’an dengan baik, kita tak akan menemukan perselisihan di antara ayat-ayat dalam Al-Qur’an dan selamanya tak pernah akan ditemukan perselisihan di dalamnya. Dengan tadabbur, kita semakin merasakan betapa indahnya hubungan antar ayat di dalam Al-Qur’an.

Semoga Allah Ta’ala menguatkan hati kita untuk senantiasa mentadabburi Al-Qur’an.

 

22.57
Jum’at, 23 Agustus 2018
Hari Tasyrik
Kukusan, Depok

Referensi
1. https://muslim.or.id/29799-apakah-kita-termasuk-orang-yang-mentadaburi-al-quran-1.html

2. Majelis Ustadz Nur Fajri Romadhon, Lc. hari ini bersamaan dengan proyek Learn Qur’an (https://tafsir.learn-quran.co/id). Beliau merupakan pemegang sanad Qiraat ‘Asyr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *