Menjadi Pribadi Muslim yang Bermanfaat

https://www.pexels.com/photo/macbook-pro-on-desk-877695/

Penulis: Bagas Muadun

Alumni PESAN BISA 4

 

Apakah anda pernah berfikir, apa sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain? Apakah anda bisa memberikan hal yang bermanfaat? memberi hal yang bermanfaat itu sulit atau tidak mungkin anda lakukan?

Tentunya pertanyaan di atas, bisa kita jawab dan merealisasikannya dengan sebuah motivasi dari Rasulullah Shallalahu Alaihi Wa Sallam:

 

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’no:3289).

Menjadi yang bermanfaat adalah karakter yang harus di miliki oleh pribadi muslim dan setiap muslim di perintahkan untuk menjadi pribadi yang bermanfaat.

Motivasi ini harus di miliki setiap muslim. Anda tanamkan dalam hati: “Saya ingin menjadi yang bermanfaat untuk orang di sekitar” dan tentunya tidak hanya menanamkan dalam hati saja, anda harus mengubah mindset bahwa saya bisa melakukan sesuatu bermanfaat.

Lalu hal apa yang bisa anda lakukan?

Anda bisa memulai dengan hal terkecil di sekitar anda. Misalnya: Anda berinisiatif melakukan pekerjaan yang biasa Ibu lakukan di rumah tanpa harus di suruh

Atau anda menyebarkan sebuah postingan kebaikan di media sosial. Dan ternyata memberikan manfaat untuk satu orang, dua bahkan lebih.

 

Dan pastinya anda bisa berfikir, apa hal kecil yang bisa saya lakukan di sekitar.

 

Bagaimana dengan hal besar ?

Jika anda memiliki cita-cita dan tujuan menjadi seorang pengusaha. Buatlah roadmap bagaimana cara bisa menjadi pengusaha. Dan menjadikan niat dalam hati agar ikhlas karena Allah semata, dan terus memohon kepada Allah agar dimudahkan.

Dan tentunya anda memiliki mindset: Jika saya menjadi pengusaha, saya bisa membantu satu orang dan satu orang sama dengan membantu satu keluarga.

Maka setiap muslim memiliki cara tersendiri bagaimana bisa bermanfaat untuk orang-orang di sekitar, bisa dilakukan dengan ilmu yang anda punya, skill membuat sesuatu yang memudahkan banyak orang dan lainnya.

 

Oleh karena itu teruslah bermanfaat, lakukan hal yang bisa membantu orang-orang di sekitar, luaskan manfaat, jadikan manfaat sebagai investasi untuk bekal akhirat.

 

“Jadilah pribadi yang unik, datangnya dirindukan, hadirnya membawa manfaat, gerakannya membawa perubahan dan langkahnya membawa kemajuan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *