Administrasi dan Relevansinya Kini by Agung Sugiarto

 

Pengertian-administrasi

Oleh  :   Agung Sugiarto (PESAN BISA Angkatan 3, PNJ 2015)
Menurut teori definisi Administrasi dapat dibagi menjadi 2, yaitu secara sempit dan luas. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan sedangkan Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

Dewasa ini, dengan semakin berkembangnya teknologi bidang administrasi seperti kurang terperhatikan, karena sebagian besar orang mengejar apa yang menjadi pokok dari teknis teknologi tersebut tanpa mengindahkan apa yang menjadi pokok pendampingnya, yang dalam hal ini administrasi. Memang hal teknis pendamping seperti Administrasi dapat dipelajari cepat dan mudah, namun dalam kasus ini cenderung kurang memperhatikan aspek teoritisnya, sehingga terkesan “sepantasnya”. Seperti contoh dalam hal surat-menyurat, jika sebuah perusahaan mempunyai sistem administrasi kearsipan yang buruk mungkin surat akan ditumpuk menjadi satu tanpa ada pengaturan terlebih dahulu, sedangkan perusahaan yang sudah mempunyai sistem administrasi kearsipan yang baik akan menyortir surat tersebut dari mulai apakah surat masuk ataukah surat keluar, dipertimbangkan tanggal suratnya, perihal atau mungkin hingga dari mana surat tersebut berasal jika diperlukan.

Administrasi

Bidang Administrasi juga memiliki cakupan yang luas karena secara umum Administrasi juga merupakan usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan, termasuk disipilin Manajemen misalnya. Jadi, jika ada Fakultas yang memiliki Jurusan Manajemen di dalamnya, maka Fakultas yang tepat untuk Jurusan tersebut yaitu Fakultas Ilmu Administrasi. Tentunya ini bukan menjadi suatu hal yang mutlak mengingat notabene pembagian Jurusan yang ada di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia masih belum spesifik namun ini penting diketahui mengingat di lapangan kebanyakkan orang menilai Administrasi dalam arti sempit saja sehingga acap kali terjadi salah penempatan atau penempatan yang kurang tepat, padahal dalam pendirian sebuah organisasi yang kuat dan kokoh berawal dari sumber daya manusia yang bekerja sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Wallahu’alam Bishawab.

Dari Sebuah Penjara Suci

“Only the strongest will survive”-Agung Sugiarto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *